Minggu, 20 Mei 2012

Terbitan Berseri Elektronik


Terbitan Berseri Elektronik
            Terbitan berseri elektronik dipahami sebagai macam-macam terbitan berseri yang diterbitkan dalam format digital. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang mendukung agar informasi mudah dapat dituangkan dalam media elektronik. Ada dua kategori terbitan berseri elektronik yaitu terbit hanya dalam format digital saja dan ada juga yang disertai dengan format tercetaknya.

            Seperti halnya terbitan berseri dalam format cetak, terbitan berseri dalam format elektronik jenisnya ada : majalah elektronik, surat kabar elektronik, dan jurnal elektronik. Terbitan berseri elektronik dikemas dalam dua media, yaitu CD ROM ( compact disc-read only memory) dan media yang dapat diakses secara online. Lazimnya pada saat ini perpustakaan lebih memilih melanggan terbitan berseri yang dapat diakses secara online, karena kemudahan akses serta informasi yang ada di dalamnya selalu up to date. Untuk jenisnya perpustakaan kebanyakan melanggan jenis terbitan berseri elektronik “ e-journal”.
            Dalam proses melanggan e-journal biasanya perpustakaan yang akan melanggan tersebut terlebih dahulu akan diberikan edisi trialnya. Setelah itu perpustakaan apabila sesuai dengan kebijakan serta unsure keterpakaian, perpustakaan akan membayar sejumlah uang ke penyedia jasa e-journal untuk melanggan jurnal tersebut selama kurun waktu tertentu. Setelah membayar maka perpustakaan akan mendapat semacam kode identitas dan password yang digunakan untuk mengakses e-journal tersebut.
            Selain e-journal yang melanggan kebanyakan universitas telah meneritkan jurnal-jurnal sendiri. Untuk pengelolaan e-journal terbitan sendiri biasanya menggunakan software perpustakaan OJS, Ojs adalah perangkat lunak riset manajemen sistem berbasis open source tersedia secara gratis bagi jurnal di seluruh dunia untuk tujuan membuat akses terbuka penerbitan pilihan yang layak untuk jurnal yang lebih, karena akses terbuka dapat meningkatkan pembaca sebuah jurnal serta kontribusinya terhadap kepentingan publik pada skala global. Untuk softwarenya dapat di download di http://pkp.sfu.ca/?q=ojs. Dengan OJS diharapkan akan mempermudah untuk mempromosikan jurnal produksi sendiri ke dunia maya dengan itu pula jurnal dapat didaftarkan di dikti dan diindeks dalam portal garuda.
            Selanjutnya untuk mempromosikan E-jounal berbayar pada masyarakat luas maka diperlukanlah media promosi, hal ini agar E-jounal yang telah dilanggan dapat dimanfaatkan secara optimal. Adapun media promosinya dapat berupa display Website Perpustakaan, brosur, banner, dan pendidikan pemakai.



Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Copyright © Anwar | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑